Buku Kurikulum 2013 Gratis!

Laman Kurikulum 2013

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mencetak dan membagikan secara gratis dalam implementasi Kurikulum 2013. Selain itu, buku pegangan Kurikulum 2013 nantinya juga dapat diakses melalui laman Rumah Belajar dengan alamat http://belajar.kemdikbud.go.id.

“Naskah buku pegangan sudah siap, setelah nanti diserahkan ke percetakan, akan dipublikasikan juga di Rumah Belajar,” ujar Kepala Unit Implementasi Kurikulum Pusat Kemendikbud Tjipto Sumadi, seperti dikutip dari laman Kemendikbud.

Jumlah buku gratis yang dibagikan tersebut akan sebanyak jumlah peserta didik sasaran implementasi. Buku pegangan pun terdiri dari buku pegangan untuk siswa dan buku pegangan guru dan naskah buku-buku tersebut telah selesai.

Adapun untuk kurikulum 2013 terdiri dari sasaran tercatat sebanyak 6.325 sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sasaran untuk 74.289 orang, jadwal pelatihan PTK inti untuk enam region, dan jadwal pelatihan PTK sasaran sebanyak 31 Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Diketahui, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak lima buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

Buku untuk jenjang SMP meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika. [okz]

Yth. 1. Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta • Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat memberi kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu :  PKMP, PKMM, PKMK, PKMT dan PKMKC yang akan didanai tahun 2016. Perlu  kami  informasikan  bahwa  sesuai  panduan  PKM  tahun  2015 terlampir, pengajuan  usulan  proposal  dan tata cara pengiriman proposal secara on-line ke Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat dapat diunduh melalui website http://dikti.go.id atau http://simlitabmas.dikti.go.id, dengan headline : Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2015. Sehubungan hal tersebut di atas, kami mohon agar Saudara berkenan menyampaikan informasi  dimaksud kepada mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, dengan ketentuan sebagai berikut. • Pendaftaran dilakukan oleh operator bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi melalui http://simlitabmas.dikti.go.id. • Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran selesai dilakukan. • Batas waktu pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-line sampai dengan 10 Oktober 2015, apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan. • Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat tidak menerima proposal usulan dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi). Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat ttd Ocky Karna Radjasa NIP 196510291990031001 Download: 1. Penerimaan Proposal PKM Tahun 2015 pendanaan Tahun 2016 2. Pedoman PKM Tahun 2015